Cara Supaya Dagangan Laku dan Banyak Pembeli

Cara Supaya Dagangan Laku dan Banyak Pelanggan. Artikel ini masih ada kaitannya sama artikel yang kemarin gue tulis, yaitu : Pengalaman Belanja Online di Tokopedia. Tokopedia itu semacem web jual beli online. Sama-sama tempat dagang aneka barang dan ada tokonya (cuma versi online aja).

Sebenernya, supaya dagangan bisa laris dan banyak pembeli itu caranya ga serumit yang kita bayangkan kok. Memang kita butuh teknik marketing buat masarin produk, teknik sales supaya bisa ngejual produk, dan teknik-teknik bisnis lainnya.

Tapi sebenernya bukan itu doang kuncinya. Inget prinsip pelanggan adalah raja ? Prinsip ini bener banget kalo dikaitin sama bisnis. Sebab tanpa pelanggan bisnis tinggal nunggu waktu aja sampe tutup. Makanya pelanggan alias customer alias pembeli itu penting banget.

Ilustrasi pembeli
Makanya kalo kita liat dalam kehidupan sehari-hari, mau pelanggan seenaknya juga masih aja dilayanin, apalagi kalo duitnya si "pembeli" ini banyak. Karena tujuan akhir bisnis kan profit alias laba alias keuntungan, jadi wajar aja kalo bisnis itu money-oriented (terpaku pada uang).

Tapi lagi-lagi bisnis juga bukan soal uang aja. Jadi soal apa sih sebenernya ? Tadi sesuai judul gue mau bahas cara supaya dagangan laris dan banyak pembeli. Triknya gini nih, kita harus memposisikan diri kita sebagai pembeli.

Kita bisa aja jadi penjual, tapi kita pasti pernah jadi pembeli dong. Ga semua kebutuhan bisa kita miliki tanpa membeli atau membuatnya. Jadi, tentunya kita pernah jadi pembeli. Ketika jadi pembeli apa yang kita inginkan ? Nah, itu juga yang umumnya diinginkan oleh pembeli kita.

Pelayanan yang ramah dan profesional, respon yang cepat dan kualitas barang yang baik adalah 3 hal utama yang perlu diperhatikan. Ga usah maksain harga semurah-murahnya, yang penting sang pelanggan kita buat puas dulu dengan pelayanan kita. Dijamin, keuntungan lebih berlipat ganda.

Gini aja logikanya, manusia kan tidak suka resiko dan sangat senang dengan kepraktisan dan kemudahan. Kalo kita kasih apa yang menjadi keinginan mereka secara cepat dan dengan pelayanan yang bagus, pasti sang pembeli akan merasa senang, di satu sisi keinginannya juga terpenuhi.

Kalo sudah begini mereka umumnya tidak akan terlalu mikir soal harga selama harganya masih masuk akal tentunya. Dengan begitu, kita juga sudah bermanfaat bagi orang lain karena bisa memenuhi keinginan atau kebutuhan mereka.

Jangan pernah takut kehilangan pembeli karena harga produk kita. Selama kita memberi pelayanan terbaik, cepat dalam melayani customer dan memberikan produk dengan kualitas yang baik maka pembeli tidak akan hilang, malah bisa jadi banyak langganan dan makin laris.

Ilustrasi transaksi
Jadi kalau kita ingin dagangan kita laku jangan pernah berpikir bahwa bisnis adalah transaksi satu kali jadi. Kalau kita melayani pembeli kita seperti mereka akan membeli lagi maka kemungkinan besar mereka akan beli lagi produk dari kita karena mereka puas dan percaya.

Coba saja kamu terapkan cara berdagang seperti ini. Nantinya, mau berjualan dalam dunia maya maupun dunia nyata, dagangan kamu pasti laris dan banyak pembeli. Tentunya ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi.

Hal terakhir yang cukup penting adalah kita wajib tampil secara meyakinkan dan membuat pembeli percaya untuk membeli produk yang kita jual. Pemilihan produk juga menjadi hal yang krusial. Karena untuk setiap produk belum tentu pasarnya banyak. Kita juga harus konsisten dan ulet dalam menjual produk kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar