Pengalaman Belanja Online di Tokopedia

Pengalaman Belanja Online di Tokopedia. Barusan gue kepikiran buat nulis pengalaman belanja online di Tokopedia. Buat kalian yang ga pernah punya pengalaman buat belanja online, mending kalian belanja di Tokopedia deh, alamatnya www.tokopedia.com

Tokopedia itu semacem website tempat jual beli, penjualnya punya lapak masing-masing. Kalo dikira-kira sih mirip sama di tempat belanja. Ada toko dan barangnya masing-masing, cuma kalo Tokopedia versi onlinenya aja gitu.

Website jual beli Tokopedia
Kebanyakan dari kita mungkin masih mikir-mikir buat belanja online. Alasannya banyak, mungkin karena takut ketipu, mungkin karena merasa mending beli langsung lebih menjamin daripada beli online, mungkin karena ga ngerti cara belanja online, dan berbagai macam alasan lainnya.

Tapi sebenernya belanja online itu enak loh. Yah walaupun kita yang harus nanggung ongkir (ongkos kirim), tapi kita masih bisa milih ekspedisi (sesuai ketentuan seller) dan ga perlu repot-repot lagi buat pergi nyari barang yang kita pingin. Kita juga punya banyak pilihan sekaligus bisa liat harga barangnya langsung tanpa nawar-nawar.

Penjual Tokopedia kebanyakan penjual langsung, jadi harga jualnya juga bisa dibilang lebih murah sih. Sama kaya waktu belanja, kita juga harus pinter-pinter milih penjual. Penjual kan macem-macem, tapi yang jelas kita harus cari yang pelayanannya bagus dulu. Jadi kalo ada apa-apa dengan barang yang kita beli pun bisa dilayani dengan baik.

Nah buat yang ga yakin dengan produk-produk yang dijual disini, kalian bisa liat rating dari si penjual ini. Sebab setelah orang beli suatu produk di Tokopedia, orang yang beli barang itu bisa kasih rating ke penjualnya. Nanti kalian cukup liat aja penjual yang ratingnya bagus.

Contoh rating penjual dan ekspedisi pengiriman yang didukung penjual di Tokopedia
Menurut pengalaman gue sih, penjual dengan rating rata-rata 4 bintang produknya ga terlalu bermasalah dan masih dibilang baik. Apalagi yang 5 bintang. Tapi tiap produk kan beda lagi kualitas dan harganya, jadi kalian juga harus pinter-pinter milihnya.

Belanja di Tokopedia juga aman banget kok. Jadi Tokopedia itu punya rekeningnya sendiri. Kalo kalian beli sesuatu maka uang kalian akan disetorkan dulu ke pihak Tokopedia dan dana kalian akan disimpan sampai barang yang dikirim penjual benar-benar sampai.

Bahkan kalau barangnya cacat atau beda dari lapaknya kalian bisa komplain dan balikin barang itu dan menunggu penjual menggantinya atau dana kalian bisa dikembalikan dalam bentuk saldo Tokopedia (bisa juga dicairkan ke rekening kalian lagi atau untuk beli barang lain sejumlah saldo di Tokopedia kalian).

Cara belanja di Tokopedia juga ga terlalu susah kok. Intinya kalian tinggal daftar akun, tambahin rekening, kalau mau beli barang tinggal klik beli terus tinggal bayar tagihannya ke rekening Tokopedia. Kalau kalian masih belum ngerti, banyak juga sumber di internet yang menjelaskan cara daftar dan transaksi di Tokopedia.

Hal yang paling gue suka dari Tokopedia itu belanjanya aman dan praktis. Bisa dibilang kalo belanja online di Tokopedia itu lebih gampang dari belanja di website jual beli serupa. Selama ini gue belanja di Tokopedia juga produknya lumayan bagus-bagus kok karena pinter-pinteran milih seller dan produknya aja (liat rating).

Contoh testimoni pembeli
Selain itu di Tokopedia ada proses trackingnya juga, jadi dengan fitur ini kita bisa tahu kondisi barang kita apa udah dikirim ato masih diproses misalkan. Resi pengiriman juga bisa muncul, jadi kita bisa tahu posisi barang kita dimana.

Setelah gue coba beberapa website jual beli sejenis, tetep gue paling sering belanja di Tokopedia. Bisa dibilang jadi langganan deh, hehe. Selain itu, kalian juga bisa bikin toko online disini dan buka lapak kalian sendiri kalo mau jualan.

Namun tentunya dan yang penting, semua ini gratis tanpa perlu bayar biaya admin (kecuali pake kartu kredit kena fee 2,5%). Ini per tanggal gue nulis ya, bisa aja sih ke depannya berubah, tapi sekarang ga ada biaya-biaya apa kok masih gratis hehe.

1 komentar:

  1. Thanks ya sudah berbagai pengalaman beli di tokopedia, aku juga lagi beli barang disana, dan belum sampek rumah, ini pengalamanku beli disana
    Pengalamanku beli barang di Tokopedia

    BalasHapus