Kamu Kaya ? Jangan Bangga Dulu, Ini Alasannya

Kamu Kaya ? Jangan Bangga Dulu, Ini Alasannya. Hidup ini seperti yang dikatakan oleh beberapa orang, memang tidak adil. Beberapa orang mungkin bernasib mujur dan hidup dengan kemewahan dan kelimpahan harta. Sementara orang yang lain bisa saja hidup dengan nasib yang kurang beruntung dan hidup dengan kesusahan.

Namun mengeluhkan hidup menurut gue juga gak ada gunanya. Well, memang sesekali hidup itu nyebelin banget dan terkadang kita pingin banget ngedumel (ngeluh). Kenapa sih hidup tuh gini, hidup tuh gitu. Kenapa sih dia kaya gue engga ? Enak banget kehidupan dia, sedangkan gue mau apa aja susah ga ada uang.

Tapi yang perlu banget kita ketahui adalah apakah uang yang dia punya, harta yang dia punya itu memang hasil kesuksesan dia ato cuma uang alias kekayaan orang tua / orang lain ? Gue sendiri sih jujur lebih seneng dan bangga punya sesuatu yang hasil keringet gue sendiri dibandingin yang tinggal minta langsung ada.

ilustrasi orang kaya
sumber : http://photobucket.com/

Boleh aja kamu naik mobil sedan mewah, tiap hari pergi sana sini, liburan ke luar negeri bolak balik, beli pakaian branded macem-macem, beli perhiasan mewah-mewah, makan makanan elite, dan lain-lainnya. Itu sah-sah aja kok, tapi kalo udahnya pamer seolah "nih gue kaya!". Sumpah gue ga respect banget !

Mending lah ya kalo kaya hasil keringet sendiri, tapi kalo hasil usaha orang tua / orang lain ? Parah banget deh. Tapi memang pada intinya sombong itu perilaku yang cukup gue benci, gue yakin banyak orang juga ga suka sama yang namanya orang sombong.

Dari tulisan ini mungkin ada yang mikir kenapa gue anti banget sama harta / kekayaan orang lain. Well, sebenernya gue gak anti-anti banget kok. Jujur aja kita hidup juga udah pasti dirawat orang tua atau wali kita. Ngerawat kita aja udah pake biaya sekolah, makan, dan lain-lain.

Tapi hal yang pingin banget gue sampein disini adalah jadi manusia itu jangan jadi penikmat harta orang tua / orang lain aja. Hidup itu menurut gue harus berjuang dan berusaha, perempuan aja harus berusaha apalagi laki-laki !

Lagian, orang yang terbentuk karena usaha dan kerja keras bakal lebih tahan banting ketimbang orang yang dari awalnya udah hidup kaya, enak dan serba ada. Orang yang sudah terbiasa ngehadepin masalah dan kesusahan pasti lebih mandiri karena dibentuk keadaan. Ga ada yang bertumbuh di comfort zone (zona nyaman).

Jadi kalo mau bangga, ya railah kebanggaan itu pake usaha sendiri. Kalo kita bisa kaya dari hasil keringat sendiri dan tetap low-profile apalagi mau berbagi ke orang lain pasti kita dapet respect yang sepadan dari banyak orang. Bahkan bukan respect aja, orang bisa punya kesan baik sama kita.

Pesan yang mau gue sampein buat pembelajaran, supaya kita itu gak jadi orang yang tamak dan sombong kalo memang kaya raya. Jadi orang tuh low-profile aja dan rajin-rajin memberi. Walaupun harta hasil diri sendiri jangan pernah takabur, inget orang-orang yang berjasa dalam usaha dan perjuangan kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar